Minggu, 03 Maret 2024

Rangkuman SK (Sistem Komputer) 7

 A. Pengantar Sistem Komputer

Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage).
Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. Perangkat keras (hardware) adalah komponen fisik dari komputer dan perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.
B. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage).
 
1. Perangkat Masukan
  • Mouse atau tetikus digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer.
  • Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter tersebut berupa huruf, angka, dan simbol.
  • Scanner digunakan untuk memindai dan menyalin Data dari kertas berisi graik, gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader.
  • Joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan/game video yang menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick digunakan untuk menggerakan kursor pada layar permainan.
  • Microphone adalah peranti yang mengonversi suara menjadi sinyal elektrik. Peranti ini digunakan untuk memasukkan suara ke komputer.
  • Barcode reader adalah pemindai optis yang dapat membaca barcode yang tercetak, mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirimkannya ke komputer dengan format data yang sederhana.

2. Pemroses
 Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan selanjutnya akan diproses oleh komputer.
  • Central Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output dasar. CPU memiliki tiga komponen utama, di antaranya register, unit kendali/ Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit (ALU).
  • Random Access Memory (RAM). RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer memproses data atau mengeksekusi perintah.
  • Read Only Memory (ROM). ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut irmware.

3. Alat Output (Output Devices)
  • Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks, angka, graik, dan sebagainya.
  • Printer digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas.
  • Speaker. Alat untuk menghasilkan suara dari komputer, seperti musik, percakapan di film, dan efek suara lainnya dinamakan speaker.

4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan sekunder dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya saat dibutuhkan.
  • Hard disk adalah media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis.
  • Solid-state drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state yang menggunakan lash memory. SSD tidak memiliki disk, pemutar fisik, dan head untuk baca-tulis yang biasa digunakan pada HDD.
  • Flash drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara permanen yang portabel. Flash drive menggunakan flash memory dan biasanya menggunakan antarmuka USB.
  • CD adalah format penyimpanan data cakram optik digital yang dikembangkan bersama oleh Philips dan Sony dan dirilis pada tahun 1982.
  • Memory Card adalah media penyimpanan yang hampir sama dengan hard disk pada komputer namun seringkali digunakan pada piranti portabel seperti smartphone, kamera digital dan tablet
  • Cloud Storage, merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan internet, atau Internet Service Provider (ISP). Cloud storage memiliki kelebihan dibanding media penyimpanan lain karena data dapat diakses menggunakan peranti apapun dan dimanapun, asalkan terkoneksi dengan internet, pengguna dapat berbagi (sharing) data dis erver ke pihak- pihak lain dengan cepat dan mudah serta penyedia layanan dapat memberikan jaminan keamanan dan keutuhan data. Contoh penyedia cloud storage adalah pCLoud, Dropbox, Google Drive, tresorit, sync.com

5. Piranti Lainnya
  • Motherboard/Mainboard, merupakan papan sirkuit utama yang menghubungkan peranti-peranti pada komputer seperti tempat untuk memasang processor, memori, harddisk, dan komponen lainnya.
  • VGA (Video Graphic Array) Card, merupakan peranti komputer yang berfungsi untuk memproses keluaran dari CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.
  • Sound Card, merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara ke speaker.
  • Graphical Processing Unit (GPU), merupakan sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer.

C. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras.
Perangkat lunak berisi perintah dari pengguna, dan perangkat keras yang akan melaksanakan perintah tersebut secara nyata
 
Berdasarkan lisensinya, software dibagi seperti berikut.
  • Freeware, artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat dan tidak boleh dimodiikasi.  Contoh: Avira, CCleaner, Smadav, Winamp, LibreOffice Writer
  • Shareware, artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu. Jika pengguna merasa software-nya bagus, diharuskan membeli. Contoh:  Corel Draw, Microsoft Oice, IDM (Internet Download Manager), Wondershare Filmora, Norton Antivirus
  • Adware, artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika dijalankan. Contoh: Addon Windows Live Manager
  • Commercial/Proprietary Software, artinya software yang dibuat dengan tujuan untuk dijual dan berbayar kepada pengembang software. Contoh: Microsoft Windows, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Kaspersky

Penggolongan software berdasar fungsinya

a. Sistem Operasi (Operating System),
  1. Sistem Operasi merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer dapat beroperasi.
  2. Sistem operasi sering disebut perangkat lunak sistem, yang merupakan perangkat lunak pertama yang dijalankan pada saat komputer dinyalakan
  3. Fungsi sistem operasi
    - manajemen proses, mencakup penyiap an, penjadwalan, dan pemantauan proses (program) yang sedang dijalankan
    pada komputer
    - Manajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan
    - Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan dan keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama

Contoh sistem operasi :
Dekstop ; Microsoft Windows, MacOS dari Apple Inc, Linux (Debian, Fedora, Ubuntu)
Smartphone dan tablet ; Android, dan Apple iOS


b. Program Aplikasi
Program Aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang di gunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya

Penggolongan software berdasar sumbernya

  1. Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya sudah dibuka ke publik, sehingga bisa dimodiikasi dan didistribusikan atau dipublikasikan hasil modiikasinya dengan syarat-syarat tertentu
    Contoh : Audacity, XAMPP, Linux, Notepad++, Android
  2. Closed Source Software atau proprietary software adalah perangkat lunak atau software yang ada secara publik, tetapi tanpa diberikan source codenya.
    Contoh : Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw Designed with  by Way2Themes


Interaksi antarperangkat

Interaksi antarperangkat memungkinkan komunikasi atau interaksi dua perangkat elektronik.

  1. Bluetooth
    Bluetooth merupakan standar teknologi tanpa kabel (nirkabel) yang digunakan untuk bertukar data antara perangkat tetap dan seluler dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio Ultra High Frequency (UHF) dari 2,402 GHz hingga 2,480 GHz, dan dapat digunakan untuk membangun jaringan area pribadi (PAN). Bluetooth dapat menghubungkan laptop dan ponsel, ponsel dan headphones, ponsel dan televisi
  2. Tethering
    koneksi peranti seluler dengan peranti lain menggunakan sistem WLAN/ Wi-Fi dari peranti telepon sebagai modem. Tethering dapat dilakukan melalui WLAN, sehingga tercipta hotspot seluler, yang memungkinkan peranti telepon berfungsi sebagai router portabel

Bilangan Biner
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer. Memahami representasi biner dapat mengangkat banyak misteri dari komputer karena pada tingkat fundamental komputer sebenarnya hanyalah mesin untuk menghidupkan dan mematikan digit biner. Komputer adalah mesin sederhana dan membutuhkan instruksi yang tepat untuk membuatnya melakukan tugas yang rumit. Sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, sudah komen di sini.
Tetap semangat dan jangan lupa makan !

Pawon

Pawon / Tungku Api Apa sih pawon itu? Yang dimaksud pawon yang berarti tungku, adalah tungku tradisional dengan bentuk sederhana dan mengg...