Melalui Berpikir komputasional (BK), siswa akan berlatih berpikir seperti seorang ilmuwan Informatika, bukan berpikir seperti komputer karena komputer adalah mesin. Kegiatan utama dalam BK ialah penyelesaian masalah (problem solving), untuk menemukan solusi yang efisien, efektif, dan optimal sehingga solusinya bisa dijalankan oleh manusia maupun mesin. Dengan kata lain, kegiatan dalam BK ialah mencari strategi untuk mengatasi persoalan. Persoalan apa yang akan diselesaikan?
Sebetulnya, hampir semua persoalan sehari-hari mengandung konsep komputasi sehingga bisa diselesaikan dengan bantuan mesin komputer. Sebagai contoh, robot yang bertugas melayani penjualan di restoran atau mengantar makanan dan obat untuk pasien di rumah sakit yang sudah dipakai di beberapa negara maju, sistem komputer untuk memantau perkebunan sawit yang siap panen dan sebagainya. Sistem computer pada hakikatnya meniru dunia ini untuk dijadikan dunia digital sehingga bisa membantu atau menggantikan manusia dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sulit maupun membosankan.
Ada 4 fondasi berpikir komputasional yang dikenal dalam ilmu Informatika, yaitu Abstraksi, Algoritma, Dekomposisi, dan Pola, yang sangat mendasar dan secara garis besar dijelaskan sebagai berikut.
- Abstraksi, yaitu menyarikan bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting sehingga memudahkan fokus kepada solusi.
- Algoritma, yaitu menuliskan otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkahlangkah yang terurut) untuk mencapai suatu tujuan (solusi). Jika langkah yang runtut ini diberikanke komputer dalam bahasa yang dipahami oleh komputer, kalian akan dapat“memerintah” komputer mengerjakan langkah tersebut.
- Dekomposisi dan formulasi persoalan sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Persoalan yang sulit apalagi besar akan menjadi mudah jika diselesaikan sebagian-sebagian secara sistematis.
- Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke persoalan lain yang sejenis.
A. Struktur Data
Pada materi kelas VII dan VIII, kalian sudah mempelajari struktur data daftar (list) dan tumpukan (stack). Pada kelas IX ini, kalian akan mempelajari dua struktur data lain yang sering digunakan dalam bidang informatika, yaitu graf (graph) dan pohon (tree).
Contoh Struktur Data Tree (pohon)

Struktur pohon menggambar sebuah hierarki. ciri dari struktur pohon adalah bahwa "anak" (child) yang hierarkinya lebih rendah, hanya mempunyai satu "orang tua" (parent). Anak yang orang tuanya sama, maka levelnya sama, disebut bersaudara.
Contoh Struktur Data Graf

Graf adalah sebuah model tentang hubungan antardata. Struktur data graf dapat digunakan untuk mempresentasikan data dalam berbagai kasus, misalnya jalan yang menghubungkan 2 tempat. Hubungan ini bisa satu arah atau dua arah.
B. Ekspresi dan Operasi Logika
Jenis-Jenis Ekspresi Dasar Ekspresi aritmatika (numerik) adalah ekspresi dengan operator aritmatika ‘*’, ‘/’, ‘+, ‘-‘
Contoh ekspresi aritmatika

pada gambar di atas, terdapat ekspresi aritmatika sederhana yang terdiri dari tiga buah operand (1, 2, 3) dan dua operator (+, x). Gabungan dari operand dan operator tersebut disebut dengan ekspresi aritmatika. Sedangkan proses untuk melakukan perhitungan operand-operand berdasarkan operator terkait, disebut dengan operasi.
C. Algoritma
Dalam kehidupan sehari-hari, kalian dapat menemukan kegiatan yang perlu dilakukan berulang kali. Misalnya, ketika makan, kalian berulang kali menyuap makanan tersebut ke dalam mulut. Masih banyak contoh lain yang dapat kalian amati dan dapati bahwa kalian sedang melakukan perulangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih, sudah komen di sini.
Tetap semangat dan jangan lupa makan !